Selasa, 21 Februari 2012

About My Novel...

Oke, setelah saya uraikan definisi umum tentang novel, disini saya akan membahas seputar novel saya. Judulnya sama kayak nama blog, akun fb dan akun twitter saya, Itsumo Kyrien. Entah kenapa saya begitu menyukai nama yang satu ini, karena saya pikir beda dari yang lainnya. Nama ini terinspirasi ketika saya pertama kali punya akun fb yang diberi nama "Kyrie Nanaka" (jepang banget yah..). Tapi suatu hari, ketika suatu inspirasi datang, saat itu saya berpikir mungkin bagus kalau namanya disingkat menjadi "Kyrien" dan ditambah dengan "Itsumo" dalam bahasa Jepang yang artinya "selalu". Akhirnya saya rangkai nama tersebut, jadilah "Itsumo Kyrien" yang sekarang kita kenal (kitaaa???)
Novel Itsumo Kyrien ini menceritakan tentang kisah hidup saya, tapi tidak semuanya nyata lhoo.... Hanya sekitar 40% yang direkayasa seperti penambahan sudut pandang orang lain dan kisah keluarga saya yang sengaja ditambah konflik tertentu. Jadi kesimpulannya, apapun konflik yang senantiasa menyertai isi cerita, jangan dulu memiliki prasangka kalau hal itu benar-benar terjadi dalam hidup saya. Ingat, 40% adalah rekayasa.
Karya ini saya susun sejak duduk di kelas 3 SMP. Tentu saja, sejak itulah sebagian besar pengalaman-pengalaman saya dimasukkan ke dalam cerita. Terutama ketika saya baru saja membuat akun Fanpop--jejaring sosial-- dan mendapat teman pertama saya di dunia maya dari Makassar. Nah, teman saya itu pada akhirnya saya jadikan tokoh dalam novel ini. Begitu juga keluarga dan teman-teman saya pun ikut terlibat dalam cerita, walaupun tidak menggunakan nama asli.
Mungkin cukup asal-usul inspirasi novel saya, sekarang langsung saja ke ringkasan isi cerita "Itsumo Kyrien".
Novel ini mengisahkan tentang seorang anak yang bernama Kairi yang semenjak kanak-kanak sudah mengalami banyak konflik dalam hidupnya, termasuk orangtuanya yang sudah bercerai semenjak ia duduk di kelas 6 SD. Tetapi Kairi sangat berbeda dari anak-anak korban broken home kebanyakan yang mengalami depresi hingga putus asa,bahkan sampai putus sekolah. Ia tetap menjadi anak yang baik dan berprestasi di sekolahnya, bahkan bisa melampaui teman-temannya yang memiliki keluarga jauh lebih bahagia. Pada akhirnya  setelah Mama Kairi bercerai dari suaminya, Kairi memutuskan untuk ikut bersama ibunya, sedangkan ayahnya bekerja di Pontianak sebagai guru les musik di Yamaha Music Course.
3 tahun telah berlalu, Kairi dan Mamanya menjalani kehidupan yang bahagia  walau hanya berdua. Tanpa sengaja ketika ia menemukan jejaring sosial yang bernama Fanpop, ia bertemu dengan teman dunia maya pertamanya yang bernama Randy dari Makassar yang berusia 2 tahun lebih tua darinya. Lama kelamaan ketika Kairi semakin akrab dengan Randy, mulai timbul perasaan cinta Kairi kepada temannya itu. Tetapiyang menjadi kendala adalah selain jarak Bandung-Makassar yang jauh sehingga menghambat untuk berjumpa satu sama lain, juga sifat Randy yang kelewat cuek dan bahkan menganggap cinta adalah sebuah tabu baginya.Hal itulah yang membuat Kairi harus mati-matian berjuang untuk mendapatkan Randy, karena ia tahu Randy itu sebenarnya laki-laki yang baik dan berbeda dari yang lain.
Karena novel saya ini merupakankisah nyata, jadi banyak konflik dan tujuan-tujuan yang harus ia capai selain berjuang mendapatkan Randy. Kairi juga harus tetap tegar menghadapi berbagai konflik keluarga yang senantiasa menghadang semangatnya untuk bertahan dalam kehidupannya yang cukup berat ini. Contohnya kemunculan seorang ayah tiri yang sebelumnya adalah teman dekat ayah kandungnya, juga masih banyak tujuan sang protagonis yang diceritakan secara runtut dalam cerita.
Sudut pandang dalam novel saya ini adalah sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Selain melibatkan tokoh utama, saya juga memasukkan tokoh-tokoh lain yang secara tidak langsung terlibat dalam kehidupan Kairi. Untuk lebih detailnya lagi akan dijelaskan di penjelasan tokoh-tokoh dari Itsumo Kyrien.
Mengenai endingnya di tengah-tengah proses pembuatan malah saya bingung sendiri karena tujuan-tujuan hidup Kairi ini belum dipastikan berapa lama lagi akan tercapai. Tetapi ada ilham yang tiba-tiba datang dan itu sangat membantu. Saya putuskan ending dari Itsumo Kyrien ini adalah ketika Randy datang ke Bandung dan berhasil menemui Kairi... (XD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar